Selasa, 31 Mei 2011

fotografi adalah seni

Salah satu keunikan dari seni adalah kebebasan dari setiap orang untuk memploklamirkan diri sebagai seorang seniman dan sama sekali tidak diperlukan harus melewati pendidikan formal apapun. Untuk sekedar menjadi seorang fotografer tentu jauh lebih mudah lagi karena hanya dengan memiliki seperangkat peralatan fotografi siapapun bisa dengan bebas memberi lebel diri fotografer, mendirikan studio dan usaha fotografi dan sebagainya. Semua ini disebabkan karena asas kebebasannya itu tadi.
Fotografi adalah salah satu aktivitas seni dan seni adalah keindahan. Namun hal itu tidak berarti setiap yang keluar dari kamera adalah karya seni walaupun foto yang dihasilkan adalah bagus dan indah. Seni adalah kebebasan jadi siapapun bebas untuk menggolongkan karya foto yang dihasilkan merupakan karya seni namun sebagai konsekwensinya semua orang bebas untuk menyangkalnya.
Tentang foto bagus dan kurang bagus sebetulnya sangat sederhana yaitu dengan menanyakannya pada diri sendiri. "Untuk tujuan apa foto itu Anda buat ?" Kalau foto dibuat untuk tujuan komersial maka sepanjang foto Anda bisa terjual dan klien Anda puas maka tentu saja foto itu berarti sudah bagus. Kalau Anda menganggap foto Anda sebagai suatu karya seni maka Anda harus mengirimnya pada seorang kurator seni untuk mendapatkan apresiasi. seperti yang anda lihat banyak hal unik yang bisa di abadikan contohnya foto di atas kenapa saya memberi foto reog ponorogo?? kerena reog ponorogo adalah sebagian dari budaya yang ada di indonesia, budaya tersebut hanya dapat di temukan di indonesia, dari kota ponorogo, reog itu berasal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar